04 June 2013

Keracunan, Penatalaksanaan dan Jenis Racun

Keracunan, Penatalaksanaan dan Jenis Racun


KERACUNAN (intoxikasi)

Curigai keracunan pada anak sehat yang mendadak sakit dan tidak dapat dijelaskan penyebabnya. Buku ini menjelaskan prinsip tatalaksana beberapa kasus keracunan yang sering terjadi. (Catatan: obat tradisional juga dapat menjadi sumber racun). Lihat buku standar pediatri untuk tatalaksana keracunan dan/atau sumber-sumber lain, misalnya: Pusat Informasi Keracunan Badan POM RI (Telp. 021-4250767, 021-4227875).

Diagnosis

Diagnosis didasarkan pada anamnesis dari anak atau pengasuh, pemeriksaan klinis dan hasil investigasi, kemudian disesuaikan.
Carilah informasi tentang bahan penyebab keracunan, jumlah racun yang terpajan dan waktu pajanan ke dalam tubuh secara lengkap.
Cobalah untuk mengenali bahan racun dengan melihat kemasannya. Pastikan juga tidak ada anak lain yang terpajan.

Gejala dan tanda keracunan 

Gejala dan tanda keracunan sangat bervariasi bergantung pada jenis racun, pajanan dan onset. (lihat bagian selanjutnya).
Periksalah tanda terbakar di dalam atau sekitar mulut, atau apakah ada stridor (kerusakan laring) yang menunjukkan racun bersifat korosif.

Rawat inap semua anak yang keracunan zat besi, pestisida, parasetamol atau aspirin, narkotik, obat anti depresan; anak yang tertelan bahan beracun secara sengaja dan anak yang mungkin diberi obat atau racun secara sengaja oleh anak lain atau orang dewasa.

Anak yang kemasukan bahan korosif atau bahan hidrokarbon jangan dipulangkan sebelum observasi selama 6 jam. Bahan korosif dapat menyebabkan luka bakar pada esofagus yang mungkin tidak dapat segera terlihat dan bahan hidrokarbon jika terhirup dapat menyebabkan edema paru yang mungkin membutuhkan waktu beberapa jam sebelum timbul gejala.


PRINSIP PENATALAKSANAAN

Prinsip Penatalaksanaan Terhadap Racun yang Tertelan

Dekontaminasi lambung (menghilangkan racun dari lambung) efektif bila dilakukan sebelum masa pengosongan lambung terlewati (1-2 jam, termasuk penuh atau tidaknya lambung).
Keputusan untuk melakukan tindakan ini harus mempertimbangkan keuntungan dan kerugian (risiko) yang mungkin terjadi akibat tindakan dekontaminasi dan jenis racun. Dekontaminasi lambung tidak menjamin semua bahan racun yang
masuk bisa dikeluarkan, oleh karena itu tindakan dekontaminasi lambung tidak rutin dilakukan pada kasus keracunan.

Kontra indikasi untuk dekontaminasi lambung adalah:
  1. Keracunan bahan korosif atau senyawa hidrokarbon (minyak tanah, dll) karena mempunyai risiko terjadi gejala keracunan yang lebih serius
  2. Penurunan kesadaran (bila jalan napas tidak terlindungi).
  • Periksa anak apakah ada tanda kegawatan dan periksa gula darah (hipoglikemia)
  • Identifikasi bahan racun dan keluarkan bahan tersebut sesegera mungkin. Ini akan sangat efektif jika dilakukan sesegera mungkin setelah terjadinya keracunan, idealnya dalam waktu 1 jam pertama pajanan.
    • Jika anak tertelan minyak tanah, premium atau bahan lain yang mengandung premium/minyak tanah/solar (pestisida pertanian berbahan pelarut minyak tanah) atau jika mulut dan tenggorokan mengalami luka bakar (misalnya karena bahan pemutih, pembersih toilet atau asam kuat dari aki), jangan rangsang muntah tetapi beri minum air.
  • Jangan gunakan garam sebagai emetik karena bisa berakibat fatal.
  • Jika anak tertelan racun lainnya:
    • Berikan arang aktif (activated charcoal) jika tersedia, jangan rangsang muntah. Arang aktif diberikan peroral dengan atau tanpa pipa nasogastrik dengan dosis seperti pada Tabel 5. Jika menggunakan pipa nasogastrik, pastikan dengan seksama pipa nasogastrik berada di lambung.
Dosis arang aktif

Anak sampai umur 1 tahun 1 g/kg
Anak umur 1 hingga 12 tahun 25-50 g
Remaja dan dewasa 25-100 g
  • Larutkan arang aktif dengan 8-10 kali air, misalnya 5 g ke dalam 40 ml air
  • Jika mungkin, berikan sekaligus, jika sulit (anak tidak suka), dapat diberikan secara bertahap
  • Efektifitas arang aktif bergantung pada isi lambung (lambung kosong lebih efektif)
  • Jika arang aktif tidak tersedia, rangsang muntah (hanya pada anak sadar) yaitu dengan merangsang dinding belakang tenggorokan dengan menggunakan spatula atau gagang sendok.
Bilas lambung
Lakukan hanya di fasilitas kesehatan dengan petugas kesehatan terlatih yang mempunyai pengalaman melakukan prosedur tersebut dan keracunan terjadi kurang dari 1 jam (waktu pengosongan lambung) dan mengancam nyawa. Bilas lambung tidak boleh dilakukan pada keracunan bahan korosif atau hidrokarbon. Bilas lambung bukan prosedur rutin pada setiap kasus keracunan.
Pastikan tersedia mesin pengisap untuk membersihkan muntahan di rongga mulut. Tempatkan anak dengan posisi miring ke kiri dengan kepala lebih rendah. Ukur panjang pipa nasogastrik yang akan dimasukkan. Masukkan pipa nasogastrik ukuran 24-28 F melalui mulut ke dalam lambung (menggunakan ukuran pipa nasogastrik lebih kecil dari 24 tidak dapat mengalirkan partikel besar seperti tablet). Pastikan pipa berada dalam lambung. Lakukan bilasan dengan 10 ml/kgBB garam normal hangat. Jumlah cairan yang diberikan harus sama dengan yang dikeluarkan, tindakan bilas lambung dilakukan sampai cairan bilasan yang keluar jernih.
Catatan: Intubasi endotrakeal dengan pipa endotrakeal (cupped ET) diperlukan untuk mengurangi risiko aspirasi.
  • Berikan antidot spesifik jika tersedia
  • Berikan perawatan umum
  • Observasi 4–24 jam bergantung pada jenis racun yang tertelan
  • Pertahankan posisi recovery position pada anak yang tidak sadar
  • Pertimbangkan merujuk anak ke rumah sakit rujukan terdekat jika kasus yang dirujuk adalah kasus keracunan dengan penurunan kesadaran, mengalami luka bakar di mulut dan tenggorokan, mengalami sesak napas berat, sianosis atau gagal jantung.
  •  

Prinsip Penatalaksanaan Keracunan Melalui Kontak Kulit atau Mata

Kontaminasi kulit
  • Lepaskan semua pakaian dan barang pribadi dan cuci menyeluruh seluruh daerah yang terkontaminasi dengan air hangat yang banyak. Gunakan sabun dan air untuk bahan berminyak.
  • Petugas kesehatan yang menolong harus melindungi dirinya terhadap kontaminasi sekunder dengan menggunakan sarung tangan dan celemek.
  • Pakaian dan barang pribadi yang telah dilepas harus diamankan dalam kantung plastik transparan yang dapat disegel, untuk dibersihkan lebih lanjut atau dibuang.
Kontaminasi Mata
  • Bilas mata selama 10-15 menit dengan air bersih yang mengalir atau garam normal, jaga curahannya tidak masuk ke mata lainnya.
  • Penggunaan obat tetes mata anestetik akan membantu irigasi mata.
  • Balikkan kelopak mata dan pastikan semua permukaannya terbilas. Pada kasus asam atau alkali irigasi mata hingga pH mata kembali dan tetap normal (periksa kembali pH mata 15-20 menit setelah irigasi dihentikan).
  • Jika memungkinkan, mata harus diperiksa secara seksama dengan pengecatan fluorescein untuk mencari tanda kerusakan kornea. Jika ada kerusakan konjungtiva atau kornea, anak harus diperiksa segera oleh dokter mata.

Prinsip Penatalaksanaan Terhadap Racun yang Terhirup

  • Keluarkan anak dari sumber pajanan
  • Berikan oksigen, jika diperlukan
Terhirupnya gas iritan dapat menyebabkan pembengkakan dan sumbatan jalan napas bagian atas, bronkospasme dan delayed pneumonitis. Intubasi endotrakeal, bronkodilator dan bantuan ventilator mungkin diperlukan.


Racun Khusus

Senyawa Korosif
Contoh: sodium hydroxide (NaOH), potassium hydroxide (KOH), larutan asam (misalnya: pemutih, desinfektan)
  • Jangan rangsang anak untuk muntah atau memberikan arang aktif ketika zat korosif telah masuk dalam tubuh karena bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada mulut, kerongkongan, jalan napas, esofagus dan lambung
  • Berikan air atau susu sesegera mungkin untuk mengencerkan bahan korosif
  • Jika keracunan dengan gejala klinis berat, jangan berikan apapun melalui mulut dan siapkan evaluasi bedah untuk memeriksa kerusakan esofagus (ruptur).
Senyawa Hidrokarbon
Contoh: minyak tanah, terpentin, premium
  • Jangan rangsang anak untuk muntah atau memberikan arang aktif. Tindakan perangsangan muntah dapat menyebabkan aspirasi pneumonia (edema paru dan pneumonia lipoid) yang dapat mengakibatkan sesak napas dan hipoksia. Gejala klinis lain adalah ensefalopati
  • Pengobatan spesifik terhadap sesak napas dan terapi oksigen dapat dilihat di bagian 10.7.
Senyawa Organofosfat dan Karbamat
Contoh: Organofosfat: malathion, parathion, TEPP, mevinphos (Phosdrin); Karbamat: metiokarbamat, karbaril.
Bahan tersebut diserap melalui kulit, tertelan atau terhirup. Anak mungkin akan mengalami muntah, diare, penglihatan kabur, atau lemah. Gejala yang timbul akibat dari aktivasi parasimpatik: hipersalivasi, berkeringat, lakrimasi, bradikardi, miosis, kejang, lemah otot, twitching, hingga paralisis dan inkontinensia urin, edema paru, depresi napas.
Pengobatannya meliputi:
  • Singkirkan racun dengan irigasi mata atau mencuci kulit (jika ada pada mata atau kulit)
  • Berikan arang aktif jika tertelan sebelum 1 jam
  • Jangan rangsang muntah karena kebanyakan pestisida bahan pelarutnya berasal dari hidrokarbon
  • Pada keracunan berat yang arang aktif tidak dapat diberikan, pertimbangkan dengan seksama aspirasi lambung dengan menggunakan pipa nasogastrik (catatan: jalan napas anak harus dilindungi)
  • Jika anak menunjukkan gejala hiperaktivasi parasimpatik (lihat atas), berikan atropin 15–50 mikrogram/kg IM (i.e. 0.015 – 0.05mg/kgBB) atau melalui infus selama 15 menit. Tujuan pemberian atropin mengurangi sekresi bronkial dengan menghindari toksisitas atropin. Auskultasi dada untuk mendengarkan adanya tanda sekresi pada saluran napas dan pantau frekuensi napas, denyut jantung dan skala koma (jika diperlukan). Ulangi dosis atropin setiap 15 menit sampai tidak ada tanda sekresi pada saluran napas, denyut nadi dan frekuensi napas kembali normal
  • Periksa hipoksemia dengan pulse oximetry (jika tersedia), karena pemberian atropin dapat menyebabkan gangguan irama jantung (aritmia ventrikular), pada anak dengan hipoksemia. Berikan oksigen jika saturasi oksigen kurang dari 90%
  • Jika otot melemah, berikan pralidoksim (cholinesterase reactivator) 25 – 50 mg/kg dilarutkan dengan 15 ml air diberikan melalui infus selama lebih 30 menit, diulangi sekali atau dua kali, atau diikuti dengan infus 10 - 20 mg/kgBB/jam, sesuai kebutuhan.
Parasetamol
  • Jika masih dalam waktu 1 jam setelah tertelan, berikan arang aktif (jika tersedia), atau rangsang muntah KECUALI bila obat antidot oral dibutuhkan (lihat bawah)
  • Tentukan kapan obat antidot diperlukan untuk mencegah kerusakan hati: yaitu jika tertelan parasetamol 150 mg/kgBB atau lebih. Antidot lebih sering dibutuhkan pada anak yang lebih besar yang dengan sengaja menelan parasetamol, atau ketika orang tua berbuat kesalahan dengan memberikan dosis berlebih pada anak.
  • Pada 8 jam pertama setelah tertelan berikan metionin oral atau asetilsistein IV. Metionin dapat digunakan jika anak sadar dan tidak muntah (umur < 6 tahun: 1 g setiap 4 jam untuk 4 dosis; umur 6 tahun atau lebih: 2.5 g setiap 4 jam untuk 4 dosis)
  • Bila lebih dari 8 jam setelah tertelan atau tidak dapat diberikan pengobatan oral, maka berikan asetilsistein IV. Perhatikan bahwa volume cairan yang digunakan dalam rejimen standar terlalu banyak untuk anak kecil.
  • Untuk anak dengan berat badan < 20 kg berikan dosis awal sebanyak 150 mg/kgBB dalam 3 ml/kg glukosa 5% selama 15 menit, dilanjutkan dengan 50 mg/kgBB dalam 7 ml/kgBB glukosa 5% selama 4 jam, kemudian 100 mg/ kgBB IV dalam 14 ml/kgBB glukosa 5% selama 16 jam. Volume glukosa dapat ditambah pada anak yang lebih dewasa.
Aspirin dan Salisilat lainnya
Keracunan aspirin dan salisilat sangat berat bila terjadi pada anak kecil, karena akan mengalami asidosis dengan cepat dan mengakibatkan gejala toksisitas berat pada SSP, sehingga tatalaksana menjadi lebih rumit.
Hal-hal tersebut menyebabkan pernapasan Kussmaul, muntah dan tinitus
  • Berikan arang aktif (jika tersedia). Tablet salisilat cenderung membentuk gumpalan di dalam lambung yang dapat menyebabkan penundaan penyerapan, oleh karena itu arang aktif lebih bermanfaat bila diberikan beberapa kali (dosis). Jika arang aktif tidak tersedia dan anak telah tertelan dengan dosis besar (dosis toksik berat) maka lakukan bilas lambung atau rangsang muntah
  • Berikan natrium bikarbonat 1 mmol/kgBB IV selama 4 jam untuk mengatasi asidosis dan meningkatkan pH urin di atas 7.5 untuk mempercepat ekskresi salisilat. Berikan tambahan kalium. Pantau pH urin tiap jam.
  • Berikan cairan infus sesuai kebutuhan rumatan kecuali bila anak menunjukkan gejala dehidrasi sehingga perlu diberi cairan rehidrasi yang sesuai (lihat bagian 5)
  • Pantau kadar gula darah setiap 6 jam dan dan koreksi sesuai keperluan (lihat lampiran 1.7)
  • Berikan vitamin K 10 mg IM.
Zat Besi
  • Periksa tanda klinis keracunan zat besi: mual, muntah, nyeri perut dan diare. Muntahan dan feses berwarna abu-abu atau hitam. Pada keracunan berat bisa terjadi perdarahan saluran pencernaan, hipotensi, mengantuk, kejang dan asidosis metabolik. Tanda klinis gangguan saluran pencernaan biasanya timbul dalam 6 jam pertama dan bila anak tidak menunjukkan tanda klinis keracunan sampai 6 jam, biasanya tidak memerlukan antidot.
  • Arang aktif tidak dapat mengikat besi, oleh karena itu pertimbangkan untuk melakukan bilas lambung jika jumlah yang tertelan potensial menimbulkan toksisitas.
  • Tentukan apakah perlu memberi antidot, karena hal ini bisa menimbulkan efek samping. Sebaiknya antidot hanya digunakan bila terdapat bukti klinis terjadinya keracunan (lihat di atas)
  • Jika memutuskan untuk memberi antidot, berikan deferoksamin (50 mg/kgBB hingga maksimum 1 g) dengan suntikan IM dalam dan diulang setiap 12 jam; jika sakitnya berat, berikan infus 15 mg/kgBB/jam hingga maksimum 80 mg/kgBB dalam 24 jam.
Keracunan Karbon Monoksida
  • Berikan oksigen 100% sampai tanda hipoksia hilang. (catatan: pasien bisa terlihat tidak sianosis walaupun sebenarnya masih hipoksia).
  • Pantau saturasi oksigen dengan pulse oximeter (kaliberasi alat untuk ketepatan penilaian). Jika ragu, lihat apakah ada tanda klinis hipoksia.

    Pencegahan

    • Ajarkan kepada orang tua untuk menyimpan obat-obatan dan bahan beracun pada tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak.
    • Nasihati orang tua untuk memberikan pertolongan pertama jika hal ini terjadi lagi di kemudian hari:
      • Jangan merangsang muntah jika yang terminum adalah senyawa hidrokarbon, atau jika mulut dan tenggorokan anak mengalami luka bakar; begitu juga jika anak mengalami penurunan kesadaran.
      • Rangsang muntah jika yang terminum adalah obat/bahan selain tersebut di atas dengan merangsang dinding belakang tenggorokan.
      • Bawa anak ke fasilitas kesehatan sesegera mungkin, sertakan informasi tentang bahan beracun yang telah diminum/ditelan; misalnya: kemasan, label, contoh tablet, buah/biji, dsb.

    Keracunan Makanan

    Keracunan makanan adalah penyakit yang disebabkan oleh karena mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan berbahaya/toksik atau yang terkontaminasi. Kontaminasi bisa oleh bakteri, virus, parasit, jamur, toksin.

    Botulisme

    Botulinum merupakan racun terhadap saraf, diproduksi oleh bakteri Clostridium botulinum. Bakteri anaerob ini sering tumbuh pada makanan atau bahan makanan yang diawetkan dan proses pengawetan tidak baik seperti: sosis, bakso, ikan kalengan, daging kalengan, buah dan sayur kalengan, madu.
    • Gejala akut dapat muncul 2 jam - 8 hari setelah menelan makanan yang terkontaminasi. Semakin pendek waktu antara menelan makanan yang terkontaminasi dengan timbulnya gejala makin berat derajat keracunannya. Gejala awal dapat berupa suara parau, mulut kering dan tidak enak pada epigastrium. Dapat pula timbul muntah, diplopia, ptosis, disartria, kelumpuhan otot skeletal dan yang paling berbahaya adalah kelumpuhan otot pernapasan. Kesadaran tidak terganggu, fungsi sensorik dalam batas normal. Pupil dapat lebar, tidak reaktif atau dapat juga normal. Gejala pada bayi meliputi hipotoni, konstipasi, sukar minum atau makan, kepala sukar ditegakkan dan refleks muntah hilang.
    • Penatalaksanaan meliputi dekontaminasi dengan memuntahkan isi lambung jika korban masih sadar, dapat juga dilakukan bilas lambung. Arang aktif dapat diberikan (jika tersedia). Jika tersedia dapat diberikan antitoksin botulinum pada keracunan simtomatik (perlu dilakukan uji alergi sebelumnya).

    Bongkrek (tempe bongkrek, asam bongkrek)

    Tempe bongkrek dibuat dari ampas kelapa. Tempe bongkrek yang beracun mengandung racun asam bongkrek yang dihasilkan oleh Pseudomonas cocovenenan yang tumbuh pada tempe ampas kelapa yang tidak jadi. Pada tempe yang jadi, pseudomonas ini tidak tumbuh.
    • Gejala keracunan bervariasi mulai dari yang sangat ringan hanya: pusing, mual dan nyeri perut sampai berat berupa: gagal sirkulasi dan respirasi, kejang dan kematian.
    • Antidotum spesifik keracunan bongkrek belum ada. Terapi nonspesifik ditujukan untuk menyelamatkan nyawa, mencegah absorbsi racun lebih lanjut dan mempercepat ekskresi. Atasi gangguan sirkulasi dan respirasi, beri arang aktif.

    Jengkol (asam jengkol)

    Jengkol adalah suatu jenis buah yang biasanya dimakan sebagai lalapan.
    • Gejala dapat timbul 5-12 jam setelah makan jengkol. Gejala keracunan: kolik, oliguria atau anuria, hematuria, gagal ginjal akut. Gejala tersebut timbul sebagai akibat sumbatan saluran kemih oleh kristal asam jengkol.
    • Penatalaksanaannya ditujukan untuk mencegah terbentuknya kristal dengan memberikan natrium bikarbonat 0.5– 2 gram 4 kali perhari secara oral. Bila terjadi gagal ginjal akut maka penatalaksanaan sesuai dengan gagal ginjal akut. Tidak ada antidotum spesifik.

    Sianida (HCN)

    Sianida merupakan zat kimia yang sangat toksik dan banyak digunakan dalam berbagai industri. Juga terdapat pada beberapa jenis umbi atau singkong.
    • Gejala dapat berupa nyeri kepala, mual, muntah, sianosis, dispnea, delirium dan bingung. Dapat juga segera diikuti pingsan, kejang, koma dan kolaps kardiovaskular yang berkembang sangat cepat.
    • Penatalaksanaan keadaan gawat darurat lakukan pembebasan jalan napas, berikan oksigen 100%. Berikan natrium-tiosulfat 25% IV dengan kecepatan 2.5-5 ml/menit sampai klinis membaik. Tiosulfat relatif aman dan dapat diberikan meskipun diagnosisnya masih meragukan.
    • Tatalaksana koma, kejang, hipotensi atau syok dengan tindakan yang sesuai. Jangan lakukan emesis karena korban dapat dengan cepat berubah menjadi tidak sadar.


      Ditulis Oleh : friend of the night ~ Bloger

      aLZhiPPo Sobat sedang membaca artikel tentang Keracunan, Penatalaksanaan dan Jenis Racun. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste dengan menggunakan Ctrl C dan menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

      :: Get this widget ! ::

      No comments:

      Post a Comment

      Next Prev home
      Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

      Popular Posts